Mengajarkan kecerdasan Berbahasa Melalui Membaca Cerita

Mengajarkan kecerdasan Berbahasa Melalui Membaca Cerita

Manfaat membaca cerita selain mengasah kemampuan literasi anak juga mengasah kemampuan berbahasa si anak. Dampaknya baik banget untuk kecerdasan anak. Ngga salah jika bunda carikan buku cerita terbaik yang bisa dibacakan sebelum anak tidur. Lalu jenis buku bacaan apa, sih, yang bagus untuk dibacakan bagi anak?

Bunda, anak yang sedang dalam masa pertumbuhan butuh tauladan. Maka, sebaiknya carikan buku cerita yang sesuai dengan jiwanya. Tumbuhkan mental anak melalui cerita tersebut. Cerita ini akan menjadi cara bunda mendidik anak juga, lo.

Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur

Ada banyak manfaat dalam membacakan cerita, selain soal kecerdasan berbahasa juga bisa untuk mengasah kercerdasan emosi, sosial, serta mengasah pola pikir. Beberapa manfat secara rinci bisa bunda cek di bawah ini.

  1. Mengasah kecerdasan berbahasa

Berbahasa akan semakin terampil ketika sering dipakai. Anak usia 0-3 tahun kemampuan berbahasa harus dituntun dengan baik. Salah satu cara terbaik menuntun anak agar berbahasa adalah memberikan contoh melalui cerita yang dibacakan orang tua.

Kapan waktu terbaik membacakan cerita? Salah satunya adalah sebelum tidur. Ini waktu paling menarik. Karena akan merasuk ke alam bawah sadar, dan bisa jadi terbawa dalam alam mimpi.

  1. Mengenal Kosakata

Sebagai orang Indonesia penting banget mengenal kosakata bahasa sendiri. Membacakan cerita akan sangat berpengaruh bagi anak dalam mengenal kosakata. Bacakan rutin dengan cerita berseri. Maka semakin banyak perbendaharaan kata yang didapat.

Selain mengenal kosakata, anak juga mengenal konsep, warna dan juga beberapa istilah yang mungkin belum didapatkan pada kehidupan sehari-harinya.

  1. Terjalin Hubungan orang tua dan anak

Setiap hari sebelum tidur bunda bacakan cerita untuk anak, otomatis hubungan akan semakin kuat. Ini akan membawa dalam hubungan yang baik antara orang tua dan anak, bukan?

Ini cara sederhana namun bisa untuk pendidikan anak sejak dini. Nah, bunda, siapkan dulu atau cerita apa yang ingin disajikan untuk buat hatinya.

  1. Kreativitas dan Imajinasi

Imajinasi penting sekali untuk kehidupan. Dengan imajinasi orang bisa menciptakan. Maka membacakan cerita bisa merangsang dalam penciptaan dan semisalnya. Imajinasi akan membawa anak dalam kreativitas, nah, sekarang jenis cerita seperti apa yang bisa dipakai untuk merangsang imajinasi dan kreativitas?

Pertama cerita yang bersifat heroik. Kemudian cerita yang menggambarkan kejadian atau kebendaan, sebagai contoh alam raya dan isinya.

  1. Merangsang fungsi otak, kognitif dan kemampuan berpikir

Ini penting sekali. Jika sering dibajakan cerita maka anak akan terangsang pada fungsi otak, kognitif dan juga kemampuan berpikir. Namun cerita seperti apa yang bisa dijadikan bacan untuk melakukan itu semua?

Ok, itulah informasi mengenai manfaat membaca cerita untuk anak yang bisa kami hadirkan. Sekarang giliran bunda untuk praktek. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.